68 CJH Kecamatan Kapas Ikuti Bimbingan Manasik Haji.

17
Apr

Bojonegoro (Kemenag) – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kapas menyelenggarakan bimbingan manasik haji kepada 68 Calon Jemaah Haji (CJH) di Aula Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat, Rabu (17/04/2024).

Kegiatan yang terlaksana pada pagi hari tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro Abdul Wahid.

Dalam sambutannya Wahid menegaskan pentingnya persiapan yang cermat dalam menjalankan ibadah haji.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk membekali CJH dengan pengetahuan, pengalaman, dan praktik dasar mengenai ibadah haji serta meningkatkan kemandirian bagi jemaah haji.”

Kemudian ia meminta seluruh jamaah agar senantiasa mempersiapkan diri dengan baik sebelum bertolak ke tanah suci. Membekali diri dengan ilmu tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji agar semua rukun haji, wajib dan sunah dikerjakan sempurna.

Dalam bimbingan tersebut narasumber utama yakni Plt Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Bojonegoro Moh. Zainal Arifin serta Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Abdul Hafith memberikan wawasan terkait keberangkatan ibadah haji.

Moh. Zainal Arifin, dalam bimbingannya mengungkapkan pentingnya tayamum untuk menjamak sholat saat di pesawat, sementara Kasi PHU menjelaskan terkait hak dan kewajiban Jemaah Haji.

Kegiatan yang terlaksana dengan khidmat tersebut diakhiri dengan tanya jawab dengan Calon Jemaah Haji.

“Mohon untuk seluruh jemaah haji untuk menjaga kesehatannya hingga pelaksanaan ibadah haji selesai dan kembali ke tanah air,” pesan Plt Kasubag TU Moh. Zainal Arifin.